Langsung ke konten utama

Pregnancy Program (Program Kehamilan)

Hallo Assalamualaikum semua..
Sesuai janji aku pada kesempatan kali ini aku mau share ke kalian seputar program kehamilan niih, sebelumnya aku mau sedikit cerita dulu awal perjalanan pernikahan aku sampai mutusin buat program kehamilan.
Aku menikah tanggal 17 juli 2016 jadi kurang lebih udah 1 tahun yang lalu ya temen-temen.. Kalo temen-temen semua ada yang udah nikah pasti udah pada tau kan klo sebelumnya itu kita para gadis (dulu kali ahh hihi) harus melakukan imunisasi dulu ke petugas kesehatan, aku ga tau ya peraturan ini berlaku sejak kapan yang jelas pas mama menikah dulu katanya ga ada imunisasi-imunisasian segala hehe.. dulu sebulan sebelum tanggal pernikahan aku imunisasi ke bidan deket rumah, namanya imunisasi atau vaksinasi TT yang totalnya itu 5 kali suntikan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan yaa bukan sekali imunisasi 5 kali suntik :D waktu itu ibu bidan nanya mau langsung program hamil atau pake KB dulu, berhubung waktu itu aku baru lulus kuliah, calon suami ngijinin buat kerja jadi aku mutusin buat ambil KB aja biar nanti pas kerja ga keganggu, jadilah aku KB pil selama 1 bulan.
Seiring berjalannya waktu... abis 1 bulan mengkonsumsi pil KB aku mutusin buat berenti aja, ada rasa takut bakalan susah punya momongan mengingat dulu waktu mama aku tanpa KB apapun harus nunggu cukup lama buat hamil jadi yaa pasrah aja waktu itu, dan lagi selama perjalanan mencari kerja tidak ada satupun yang behasil karena memang aku sedikit malas buat ngelamar-ngelamar, uang bulanan dikasih suami gimana ga males-malesan coba, ahh mau beli ini itu tinggal minta sama suami (pikirku dalam hati) ngapain harus buru-buru cari kerja :D makin kesini makin santai aja nunggu info dari temen-temen klo ada lowongan kerja haha
Selang beberapa bulan menikah akhirnya rasa bosan menghampiri karena yang biasanya punya kegiatan diluar rumah harus stay at home tanpa siapapun tanpa kegiatan yang gimanaa gitu, kepikiran kalo seandainya punya anak kan ga bakalan sepi kayak gini. loh loohh.. :D semenjak itu tiap ada kabar kehamilan dari orang lain, temen, sodara, atau bahkan artis sekalipun ko rasanya iriii banget pengen jugaa :') dari sana aku mulai iseng cari informasi mengenai program kehamilan di internet, katanya klo pasangan suami istri yang baru menikah coba dulu program kehamilan mandiri di rumah, jadi ga perlu program ke dokter klo belom 1 tahun nikah dan masih belum punya momongan. Siapa bilang program yang aku jalani ini langsung berhasil, tidak ya teman-teman.. aku beberapa kali gagal dalam artian selalu dapet tiap bulan. beberapa kali sempet telat langsung testpack tapi masih garis 1 rasanya itu sediiihhh banget kebetulan memang aku beli persediaan testpack cukup banyak dari yang murah sampai yang agak mahal tujuannya ya itu siapa tau pas telat langsung tes positif hehee.. Beruntung banget bagi teman-teman yang ga perlu program ini itu buat hamil, karena aku musti berulang kali pakai tp dan hasilnya selalu negatif rasa sedih dan kecewanya hmmm ga bisa dilukis dgn kata-kata hahaa Jadi tidak perlu berbasa-basi lagi ini dia program kehamilan yang aku dan suami terapkan sejak itu bagi temen-temen yang memang sedang ingin disegerakan mendapatkan momongan dan ingin menjalankan program kehamilan mandiri bisa banget ngikutin ini :

1. konsumsi susu persiapan kehamilan
aku waktu itu konsumsi prenagen essensis sampai habis berapa kotak yah lupa, dalam aturannya sih minumnya itu 2 kali sehari tapi kalo aku sekali sehari aja tiap pagi hehe

2. olahraga teratur
jadi selama program itu aku maksain diri buat olahraga sama suami, lumayan lah olahraga lari yang dapetnya cuma 2 keliling lapangan haha yang penting tubuh gerak gak diem aja, jadi peredaran darah lancar. bonusnya sering berkeringat kaya gitu itu ngaruh ke kulit loh jadi lebih bersih hehe

3. minum jus 3 diva
aku tau informasi ini dari temen-temen komunitas ibuhamil.com. disana banyak banget ilmu-ilmu yang bisa temen-temen dapet seputar program kehamilan, kehamilan, parenting, meskipun waktu itu aku belum hamil tapi aku coba membuka wawasan dengan ikut jadi member di situs tersebut.
jadi jus 3 diva itu isinya campuran dari apel, tomat sama wortel dijus berbarengan gituu.. ga pake gula sama sekali ya guys kalo mau agak manis bisa ditambahin madu aja sebagai pemanisnya.aku sama suami mengkonsumsi jus ini rutin 1 kali sehari sebelum tidur karena pagi hari jadwalnya susu.


4. jaga pola makan
sebenarnya aku juga ga begitu memperhatikan pola makan siii.. cuma memang waktu itu lebih diperhatiin lagi aja apa yang kita konsumsi. kayak memperbanyak sayuran dan buah, menghindari minuman bersoda (kebetulan ga suka :D), menghindari asap rokok (kebetulan juga suami tidak merokok :D), yaa pokonya menjalani gaya hidup sehat intinya.

5. hitung masa subur
kenapa harus menghitung masa subur ? jelas.. karena pada masa subur ini adalah waktu ovulasi dimana sel telur yang telah matang dilepaskan dari indung telur menuju tuba fallopi, yang mana pembuahan bisa hanya terjadi setelah ovulasi tersebut. cara menghitungnya bagi temen-temen yang siklus menstruasinya teratur 28 hari maka perhitungannya mudah yaitu hari pertama siklus menstruasi dihitung sebagai hari ke-1, masa suburnya yaitu tepat dihari ke-12 sampai hari ke-16 dalam satu siklus menstruasi tersebut, beda halnya bagi teman-teman yang siklus menstruasinya tidak teratur perhitungan masa suburnya berbeda, dan sayangnya aku lupa gimana cara menghitungnya hehee.. teman-teman bisa googling aja yaa.. pisss aku sendiri termasuk yang siklus mensnya teratur jadi mudah pas perhitungannya..

6. jangan stres, harus happy
selama menjalankan program kehamilan ini semuanya akan sia-sia saja apabila temen-temen banyak pikiran, stres karena beban pekerjaan, sedih terus.Iya, karena kondisi mental harus sebaik kondisi fisik supaya hal-hal positif yang kita upayakan selama ini benar-benar bisa diserap dan diterima oleh tubuh. jadiii happy happy yaa... misalnya masak berdua sama suami, jalan-jalan, main game bareng, yaa apapun laah..

7. sari kurma
temen-temen semua boleh percaya atau ngga klo aku setelah sebelumnya menjalankan program diatas lalu mengkonsumsi sari kurma inilah akhirnya bisa hamil, ini optional yaa.. karena aku juga dapetnya dikasih sama temen suami yang baru pulang umroh hehe

8. banyak berdoa dan beribadah
seperti yang temen-temen tahu bahwa segala hal bisa terjadi hanya dengan ridho Allah, jadi setelah kita berupaya dan berikhtiar jangan lupa untuk selalu berdoa sama Allah karena Dia tau yang terbaik untuk kita itu apa. selebihnya pasrahkan saja...

Sooo temen-temen itu dia program mandiri yang aku sama suami jalankan selama kurang lebih 3 bulan sampai akhirnya bisa dapet garis 2 di testpack hehee.. semoga bermanfaat yaa :)
berhubung dedek bayi udah gerak-gerak bergerilya didalem perut sana hehe mungkin dia bosen mamanya duduk terus seharian  jadi tulisan kali ini sampai disini dulu..

Thankyou for reading :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : Susu Prenagen Mommy vs Susu Anmum Materna

Assalamualaikum.. Haiii.. apa kabar semua? Semoga sehat dan bahagia yaa Maaf banget baru bisa update postingan lagi kemarin-kemarin kondisi badan berasa capek terus, malam susah tidur, jadi banyakin istirahat aja siih Menginjak usia kehamilan 6 bulan lebih ini mungkin para ibu udah tau rasanya gerakan-gerakan baby yang makin intens setiap saat, lebih berasa mudah capek, sesak napas, atau tiba-tiba perut yang menegang, jadi sebisa mungkin setelah beraktivitas kita harus pinter-pinter ngeluangin waktu untuk beristirahat dan jangan lupa banyak ngemil.. hehehe Untuk artikel kali ini aku mau review 2 produk susu yang cukup favorit buat ibu-ibu hamil di Indonesia yang kebetulan aku pernah mengkonsumsi keduanya sebelum akhirnya mutusin buat berenti, why ? karena pada waktu trimester awal kemarin aku ngalamin morning sickness atau bahkan all day sickness yang lumayan parah, dan minum susu adalah salah satu pencetus rasa mual waktu itu. Sekarang suka pengen ketawa aja kalo

Alhamdulillaah... 2 garis :)

Assalamualaikum semua.. senang rasanya bisa update postingan lagi. Gimana kabarnya hari ini? mudah-mudahan selalu baik yaa.. Temen-temen pada artikel kali ini aku mau berbagi cerita soal pengalamanku yang akhirnya bisa melihat 2 garis merah di testpack nihh.. Rasanya itu luar biasa.. dari terharu pengen nangis, seneng, kaget, bahkan waktu lulus sekolah juga senengnya ga kyak gini kayaknya hehe Gimana ga seneng coba selama kurang lebih 7 bulan kosong akhirnya dikasih kepercayaan juga sama Allah :) Jadi waktu itu aku udah 5 hari telat datang bulan, gak langsung testpack karena takut gagal lagi, sedih lagi.. apalagi kondisi waktu itu suami lagi kerja diluar kota . Beberapa hari sebelumnya aku sempet ngomong sama suami supaya minta didoain ama mama biar segera dikasih dedek bayi, kebetulan waktu itu mama mertua mau pergi umroh yang pikirku berdoa di Mekkah sana akan mustajab. Mama belum berangkat umroh ternyata Allah sudah menjawab doaku, selang beberapa hari setelah minta didoai